# Tags
#Bisnis

Mewujudkan Mimpi Indosat Ooredoo jadi Operator Digital Terdepan

Milenial dan internet merupakan dua hal tidak terpisahkan. Konten internet dengan kreativitas dan kreasinya banyak didominiasi oleh anak muda. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini generasi millenial semakin ulet dalam mengembangkan berbagai usaha di bidang bisnis kreatif, mulai dari kuliner hingga fashion. Dominasi generasi milenial dalam bisnis kreatif di Indonesia terlihat dari besarnya jumlah rataan generasi milenial yang menjalankan bisnis kreatif saat ini.

Situasi ini pun menjadi ladang persaingan dari seluruh operator seluler di Indonesia dalam mengembangkan layanan digital. Sengitnya persaingan di industri telekomunikasi mobile di Indonesia, pada akhirnya berujung pada negative growth pada akhir 2018 sebesar -6,4%. Ini adalah kali pertama industri telekomunikasi mobile tumbuh minus, sejak teknologi itu masuk ke Indonesia pada 1983. Kondisi tersebut dipicu generasi milenial yang menginginkan layanan baru bersifat digital.

Tuntasnya program registrasi pra-bayar pada 2018, membuat strategi operator berubah. Operator lebih fokus pada jualan yang produktif, agar bisa mendapatkan revenue yang maksimal dari high value costumer. Mereka tak lagi jor-joran mengejar pelanggan baru, yang kebanyakan tergolong butterfly costumer. Yaitu, pelanggan yang mudah berpindah hanya karena iming-iming bonus data.

Meski menyisakan ruang pertumbuhan yang sempit, persaingan memperebutkan pelanggan sesungguhnya masih terbuka. Meroketnya konsumsi data, menunjukkan bahwa era second curve telah dimulai, menggantikan basic service (SMS dan voice) yang semakin menurun sejak beberapa tahun terakhir.

Di sisi lain, tumbuhnya generasi muda khususnya Gen Z yang doyan dengan hal-hal dan kebiasaan baru, membuat segmen pasar ini terbuka lebar. Namun untuk menggaet kelompok ini, terbilang tidak mudah. Pasalnya, Gen Z sekarang sangat tidak mau bergantung dan diatur dengan produk yang sudah ada. Mereka ingin menentukan sendiri, butuhnya apa dan kemudian memilih produknya, yang kita kenal dengan layanan digital.

Menyadari betapa layanan digital akan menjadi trend, dan operator selular akan berkompetisi dalam mengincar pelanggan baru lewat kanal digital, Indosat Ooredoo ternyata sudah mempersiapkan fondasinya sejak tahun 2015. Fondasi layanan digital tersebut di tahun 2015 lalu digagas lewat “Mimpi Indosat Ooredoo menjadi Operator Digital Terdepan” yang disampaikan langsung Alexander Rusli selaku Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo ketika itu.

Visi menjadi operator digital terdepan tersebut ternyata tidak hanya semboyan belaka. Terbukti sejak mimpi’tersebut dicanangkan, secara berkesinambungan Indosat Ooredoo meluncurkan beragam layanan digital, baik untuk memudahkan aktivitas masyarakat maupun memperlancar aktivitas bisnis di Indonesia.

Demi meraih mimpi tersebut, Indosat Ooredoo pun menyiapkan langkah-langkah strategis. Salah satunya, meningkatkan variasi layanan digital dan touchpoint lain yang akan membuat pelanggannya lebih mudah mengakses perusahaannya, dan juga menghasilkan aplikasi-aplikasi baru yang bersifat digital.

Dompetku Nusantara
Pada Februari 2016, Indosat Ooredoo memperkenalkan Dompetku Nusantara. Layanan tersebut memudahkan pengguna di wilayah pedalaman untuk menabung, setor tunai maupun tarik tunai. Tidak hanya itu, layanan ini juga sangat mendukung untuk pembayaran cicilan, pinjaman, investasi reksadana, serta asuransi (pembelian polis dan klaim). Lebih rinci, Dompetku Nusantara menawarkan 4 (empat) fitur sekaligus yaitu Tabungan Mikro dimulai dari sepuluh ribu rupiah sampai dua puluh juta rupiah, Pinjaman Mikro dimulai dari dua juta seratus ribu rupiah, Asuransi Mikro mulai dari sepuluh ribu rupiah dan kemudian pada tahap berikutnya yakni layanan Investasi Mikro mulai dari seratus ribu rupiah.

Layanan Dompetku Nusantara merupakan layanan keuangan pertama dan terlengkap yang hadir untuk melayani seluruh masyarakat di pelosok nusantara Indonesia dengan menggunakan semua nomor seluler apapun.

Tahun 2019, lewat produk IM3 Indosat Ooredoo meluncurkan sebuah layanan yang memungkinkan pelanggan untuk memesan kartu prabayar melalui website im3.do/shop. Layanan baru yang dikeluarkan Indosat Ooredoo bertujuan untuk menambah jumlah pelanggan Indosat di sisa tahun ini 2019, khususnya dari kalangan milenial. Layanan digital sudah bukan barang baru bagi sebagian pengguna layanan telekomunikasi di Indonesia. Bahkan, penetrasi pengguna internet dan layanan digital di Indonesia akan terus meningkat sepanjang waktu.

iBot
Aplikasi ini merupakan asisten virtual yang dapat digunakan untuk mengotomasi percakapan online dan membuat kita dapat langsung berinteraksi melalui pelanggan melalui platform Artificial Intelligence (AI). Dengan berbagai keunggulannya, aplikasi ini dapat melayani pelanggan dengan cepat, meminimalisir biaya operasional, menyediakan layanan 24 jam, terintegrasi dengan layanan delivery dan payment gateway, dan disupport Artificial Intelligence (AI) dan Natural Language Processing (NLP)
Aplikasi Pajak Online

Kita juga dapat mendukung perkembangan bisnis kita dengan solusi otomatisasi pajak dari Indosat Ooredoo Business. Bekerja sama dengan Online Pajak, Indosat Ooredoo menghadirkan aplikasi pajak online untuk mempermudah aktivitas perpajakan perusahaan kita dengan lebih akurat dan efektif.

iAds
iAds adalah Pemenang Layanan Digital Terbaik 2021. iAds adalah solusi yang tepat untuk promosikan produk, jasa, atau kampanye melalui media digital agar lebih efektif, efisien, dan menarik. Layanan digital advertising yang dihadirkan Indosat Ooredoo Business ini memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), interactive messaging, dan mobile video. Melalui iAds, kini promosi produk perusahaan jadi lebih tepat sasaran dan mudah diterima oleh target konsumen.

iManage
Aplikasi ini merupakan sebuah solusi perangkat lunak atau Software as a Service (SaaS) untuk memantau aktivitas bisnis di berbagai fungsi organisasi. Layanan ini menggunakan dashboard berbasis cloud yang terintegrasi untuk mengelola lebih banyak unit bisnis. Melalui perangkat lunak ini, para pelaku bisnis dapat memangkas biaya operasional hanya dengan satu aplikasi.

iKanvas
Aplikasi iKanvas adalah platform manajemen konten berbasis cloud yang menyediakan total solusi untuk perusahaan dalam mengirimkan pesan komunikasi secara interaktif dengan mudah, cepat, dan efisien. Platform Komunikasi & Messaging Berbasis Cloud Untuk Pembuatan & Distribusi Konten Digital

Deskripsi EduOnline
Aplikasi EduOnline sebuah solusi dari Indosat Ooredoo dalam mendukung pembelajaran secara online yang sedang diberlakukan pada masa sekarang. Dengan berbasis aplikasi, siswa bisa mengakses mata pelajaran lebih mudah, bisa dari mana saja, dan harganya terjangkau.

Memiliki sistem Virtual Classroom yang bisa memperlihatkan kegiatan belajar-mengajar digital secara virtual. Sistem ini cocok untuk administrator, pendidik, siswa/pelajar dan orang tua, paket pajak online.

Aplikasi ini memiliki sejumlah keunggulan. Dilengkapi papan tulis, siswa dan guru bisa menulis di papan tersebut agar memudahkan interaksi dua arah seperti di sekolah. Selain itu, harga sangat terjangkau, dimulai dari Rp7.500 per siswa setiap bulan.

Juga bisa mengatur fitur pembahasan materi dan ujian (durasi ujian bisa diatur), memudahkan siswa dan pengajar untuk melaksanakan kegiatan bersekolah. Kemudian kita tidak memerlukan biaya instalasi, cukup meng-install aplikasi EduOnline.

MPWR
Tak mau ketinggalan dengan para kompetitornya yang menghadirkan layanan seluler prabayar secara digital, Indosat Ooredoo pun merilis layanan serupa yakni bernama MPWR (dibaca: Empower), yaitu aplikasi Digital Lifestyle Telco yang hadir untuk memberikan pengalaman lebih dari sekedar memiliki nomor baru.

MPWR memberikan kemudahan untuk memenuhi semua kebutuhan digital dan lifestyle dalam satu aplikasi termasuk kekuatan untuk mendapatkan promo sesuai kesukaan, kekuatan untuk memilih paket data sesuai kebutuhan, kekuatan untuk mengatur pemakaian, hingga menghubungkan pelanggan dengan ratusan brand lifestyle favorit.
Enaknya, MPWR tidak mensegmentasi pengguna dengan berapa banyak pulsa dan paket kuota internet, tetapi memberikan kekuatan penuh kepada pelanggan untuk dapat memilih apa yang mereka inginkan sesuai kebutuhan, preferensi, dan aspirasi mereka.

MyIM3
Aplikasi MyIM3 merupakan aplikasi telekomunikasi dengan rating paling tinggi di Market place dengan rating 4,5. Menghadirkan kemudahan akses layanan bagi pelanggan Indosat Ooredoo, Aplikasi MyIM3 telah didownload lebih dari 10 juta kali daan mendapatkan 1,3 juta review dari penggunanya. Kini aplikasi myIM3 sudah memiliki banyak pilihan hiburan seperti myIM3 Games Club, di mana pelanggan dapat bermain game langsung di dalam aplikasi, berkompetisi dengan teman melalui leaderboard, dan memenangkan hadiah menarik.

Mobile Data Plan
Indosat ooredoo berkolaborasi dengan Google dan Facebook untuk hadirkan layanan digital yang baik, ada lebih dari 300 ribu pelanggan Indosat Ooredoo telah menggunakan akses Mobile data untuk mengakses beragam aplikasi google dan membeli paket data.

Snapchat Special Package
Indosat Ooredoo menjadi operator Indonesia pertama yang bekerjasama dengan snapchat. Hingga kini tercatat ada sekitar 2 juta pengguna snapchat di jaringan Indosat Ooredoo.

iDok merupakan sebuah platform dengan teknologi yang dapat memudahkan pasien melakukan konsultasi dengan dokter secara online hingga melakukan pemesanan dan pengiriman obat sampai ke rumah pasien. Sementara Smart Asset merupakan layanan manajemen aset Cold Chain untuk membantu operasional bisnis dari perusahaan manufaktur dan logistik untuk menjaga kualitas produk selama pengiriman dan penyimpanan.

iDok
Untuk menghadapi dampak besar perubahan akibat pandemi, seluruh sektor industri perlu beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi digital yang tepat. Untuk itu kami menghadirkan inovasi iDok dan Smart Asset yang dapat bermanfaat bagi pelaku bisnis untuk mengurangi biaya operasional serta mendukung produktivitas demi mendapatkan high returns on investment. Indosat Ooredoo berpegang pada prinsip Creating Value Together, karena dengan memberikan pelayanan terbaik dan cepat beradaptasi terhadap kebutuhan pelanggan adalah kunci kesuksesan

Layanan iDok dihadirkan sebagai one stop healthcare application platform bagi industri layanan kesehatan yang memiliki teknologi untuk membantu digitalisasi operasional rumah sakit, mengurangi resiko masyarakat terpapar penyakit/virus, memfasilitasi kebutuhan konsultasi pasien-dokter, serta efisiensi biaya operasional.

Dari sisi pengguna iDok, nantinya di tahap awal mereka dapat merasakan fitur utama yaitu konsultasi langsung/telemedicine dengan Dokter di rumah sakit melalui aplikasi iDok, resep pengobatan dapat dipesan lalu diantar langsung ke tempat pasien, pengurusan administrasi tanpa perlu antri, serta berbagai in