# Tags
#Kampus

Tim PKM Polmed Hibahkan Mesin Mixer Pakan Ternak Domba di Dusun VI Desa Sei Glugur Pancur Batu Deli Serdang

KampusMedan – Pancur Batu, Tim Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) telah melaksanakan ke­giatan  Pengabdian Kemitraan Masyarakat  (PKM) di Dusun VI Desa Sei Glugur Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (21/9/2024).  Kegiatan PKM ini ditujukan untuk membantu mengatasi permasalahan peternak domba di Dusun tersebut, terkait ketersediaan pakan domba. Bagus Wibowo, mitra pengabdian masyarakat pada kegiatan ini adalah salah satu dari peternak domba di Dusun VI Desa Sei Glugur.

Infomasi yang didapat dari Bagus, bahwa saat ini semakin berkurang lahan penghasil rumput pakan ternak di daerah Dusun VI Desa Sei Glugur Kecamatan Pancur Batu dengan bertambahnya pembangunan perumahan, yang mengakibatkan peternak domba di wilayah tersebut beralih ke pakan ternak alternatif untuk tetap bertahan dalam beternak domba.

Salah satu cara menyikapi kondisi tersebut dengan mengembangkan pakan fermentasi,  dengan mencampurkan beberapa bahan baku dan limbah pertanian yang sudah dicincang, kemudian diberi larutan fermentasi dan selanjutnya disimpan di tong-tong fermentasi. Pencampuran dilakukan secara manual dengan menggunakan sekop, pencampuran manual tersebut kurang efektif dari segi waktu, tenaga dan hasil campuran pakan yang tidak merata (tidak homogen).

Kedatangan tim pelaksana PKM beranggotakan 4 orang dosen Polmed, yang  terdiri dari Positron Bangun, S.T., M.T., Mhd. Daud Pinem, S.T., M.T., Berman P. Panjaitan, S.T., M.T. dan Dra. Heddy, M. Hum, serta dibantu oleh lima orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Program Studi Teknologi Rekayasa Pengelasan (TRPF) yaitu Mhd. Syahrul, Ardyansyah, Calvin Dawolo, Eggi dan Putra Nainggolan, memberikan peralatan berupa mesin mixer pakan ternak domba untuk dapat membantu dalam proses pencampuran dan pengadukan bahan-bahan baku yang dicampur.

Dengan bantuan pemberian (hibah) mesin mixer tersebut, diharapkan dapat membantu peternak untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pengolahan (khususnya proses pencampuran) pakan ternak yang ada di Dusun VI Desa Sei Glugur tersebut.

“Mesin kami buat dengan penggerak motor bensin dengan daya sebesar 9 hp, agar praktis dipindahkan dan mempunyai tenaga yang besar, dan tidak mengganggu pasokan listrik di Dusun VI Desa Sei Glugur yang kebanyakan masih berkapasitas 450 kVA”, ujar  Positron Bangun, S.T., M.T, Ketua Tim Pelaksana pengabdian ini.

Kegiatan PKM dilaksanakan di kediaman mitra di Dusun VI Desa Sei Glugur Kecamatan Pancur Batu Deli Serdang Sumatera Utara. Mitra pengabdian ini, Bagus Wibowo menyam­paikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan ini, dan sangat berterima kasih atas kepedulian dosen Polmed untuk membantu memberdayakan peternak domba di Dusun VI Desa Sei Glugur. Harapannya dengan adanya mesin mixer pakan ternak domba ini, kualitas, tenaga dan waktu yang dibutuhkan lebih efisien dan efektif.

Di akhir kegiatan, dilaksanakan serah terima seluruh peralatan kepada pihak mitra. Tim pelaksana pengabdian berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mitra pengabdian dalam rangka meningkatkan penghasilannya.(REL/MBB)