# Tags
#Kampus

Polmed Gelar Pelatihan Instalasi Listrik untuk  Siswa SMKS GKPI 1 Pematang Siantar

KampusMedan – Pematang Siantar, Politeknik Negeri Medan (Polmed)  melalui Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM), menggelar pelatihan instalasi penerangan sederhana kepada para siswa SMKS GKPI 1 Pematang Siantar, Sabtu (14/9/2024).

Angelia Maharani Purba, S.T., M.T. selaku Ketua Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat, mengatakan bahwa kegiatan kali ini bertujuan guna membantu para siswa SMKS GKPI 1 Pematang Siantar, agar lebih memahami tentang dasar-dasar kelistrikan sesuai Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL), sehingga para siswa dapat lebih telaten dalam mengerjakan instalasi listrik.

SMKS GKPI 1 Pematang Siantar merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang terletak di Jl. DI. Panjaitan No 47 NH Nagahuta  Kec. Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar Prov. Sumatera Utara

Kegiatan kali ini menggunakan modul instalasi penerangan listrik sederhana, dimana proses merangkai dimulai dari memasang 1 saklar tunggal untuk menghidupkan 1 lampu dan memasang 1 saklar seri untuk menghidupkan 2 lampu, dan dibawah masing-masing saklar diberikan 1 buah stop kontak, guna disambungkan ke beban lain. Maka dari itu semua instalasi tadi, dijadikan 1 grup dan diamankan oleh 1 buah MCB 4 Ampere.

“Disini nanti supaya mempermudah kinerja kita ya, kerja nanti menggunakan chapter, praktek ini nanti sudah lebih praktis ya, tidak repot-repot lagi, nanti semua bisa memahami lebih praktis kalau sudah ada menunya”, ujar salah satu guru SMKS GKPI 1 Pematangsiantar.

Kegiatan pelatihan ini disambut baik oleh seluruh siswa dan guru SMKS GKPI 1 Pematang Siantar. Para siswa terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengerjakan modul instalasi penerangan listrik sederhana hingga selesai.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan oleh dosen Politeknik Negeri Medan, diantaranya Angelia Maharani Purba, S.T., M.T., Eva M. Simatupang. S.E., M.Si., Arlina Pratiwi Purba, S.E., M.Si., Ernie S. Y. Sitanggang, S.T., M.T  dan mahasiswa Politeknik Negeri Medan yang turut membantu, diantaranya Deni Warkiman Sinambela, Harif Samuel Silalahi, Reinhad Goclas Antonius Napitu, Riantri April Siahaan dan Swilazuardi Amos Harianja.

“Dengan berjalannya kegiatan ini, semoga para siswa SMKS GKPI 1 Pematang Siantar semakin lebih cakap dalam memasang instalasi listrik”, ujar Angelia Maharani Purba, S.T, M.T.(RED/MBB)