# Tags
#Kampus

Tim Dosen Polmed Lakukan PKM Pembangunan Toilet dan Tempat Wudhu di Mushola Babul Jannah Desa Suka Maju Deliserdang

KampusMedan – Suka Maju, Tim Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) yang diketuai oleh Hasanul Arifin Purba, mengadakan program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) pada tanggal 22 September 2024 di Musholla Babul Jannah, Desa Sukamaju, Deliserdang. Adapun bentuk pengabdian yang dilakukan berupa pembangunan toilet dan tempat wudhu laki-laki dan perempuan di Musholla tersebut.

Pembangunan toilet ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang dilakukan di Musholla ini. Dimana dari hasil survey yang dilakukan oleh tim PKM sebelum pengabdian, di Musholla ini hanya terdapat satu toilet yang kurang layak dipakai. Terdapat keluhan dari warga yg ingin melakukan peribadatan di lokasi ini kesulitan ketika ingin menggunakan sarananya.

Proses pengabdian ini berlangsung selama kurang lebih 24 hari untuk pembangunan toilet dan tempat wudhu’nya. Puncaknya, setelah semua pembangunan selesai dilaksanakan, dilakukan serah terima produk PKM kepada pengurus musholla tersebut pada tanggal 22 September 2024.

Dalam sambutannya, Ketua Tim PKM, Ir. Hasanul Arifin Purba, ST., M.T mengatakan, komponen utama dalam meningkatkan layanan rumah ibadah adalah tersedianya tempat buang air kecil dan tempat wudhu yang bersih dan higenis. Jika layanan kebersihan ini tercapai, maka peningkatan di aspek-aspek lainnya dapat ditingkatkan juga. “Kami berharap nantinya para pengurus musholla dapat menjaga produk PKM yang telah dibangun ini dengan baik, serta terus meningkatkan kualitasnya”,ujar. Ir. Hasanul Arifin Purba, ST., M.T.

Ahmad Zulham mewakili masyarakat dan jamaah pada musholla tersebut, mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada Politeknik Negeri Medan atas program ini. Ahmad Zulham  berharap agenda pengabdian seperti ini dapat terus dilakukan di lingkungan Desa Suka Maju, dalam aspek-aspek pembangunan atau peningkatan layanan lainnya.

Tim PKM Polmed di depan Musholla Babul Jannah, Desa Sukamaju, Deliserdang

Dari hasil peninjauan lapangan sebelum PKM dilaksanakan, permasalahan yang utama yang ditemukan pada musholla ini adalah kondisi toilet dan tempat wudhu yang kurang nyaman. Para pengurus BKM sudah berusaha mencari solusi, namun terkendala dalam hal pembiayaan.  Melalui Program PKM yang dilaksanakan pada sepanjang September 2024 ini telah berhasil mencapai target utama yang direncanakan, yaitu mengingkatkan layanan musholla Babul Jannah melalui pembangunan toilet dan tempat wudhu yang layak.

Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM), tim dosen Polmed  terdiri dari Ir. Hasanul Arifin Purba, S.T,, M.T., Rudianto Surbakti, S.T., M.T., Muhammad Mabrur, S.T., M.T. dan Ir. Al Qadry S.T., M.T.. Kegiatan ini juga menghadirkan mahasiswa Teknik Sipil di Politeknik Negeri Medan.

Dalam kesempatan itu, tim dosen PKM memberikan penyuluhan dan bimbingan tentang tata cara pengelolaan Musholla atau Mesjid yang baik, untuk memotivasi para pengurus BKM agar lebih giat dan lebih mahir dalam mengelola dan menjalankan Mushollanya.(REL/MBB)