# Tags
#Kampus

Fakultas Pertanian Nommensen Medan dan Yayasan Petrasa Kabupaten Dairi Teken Kerjasama  

KampusMedan – Medan, Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen melakukan penandatangan kerjasama dengan Yayasan Petrasa Kabupaten Dairi, di sela-sela pelaksanaan  Seminar Ilmiah  dengan topik,”Sistem Integrasi Pertanian-Peternakan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan”, Jumat (26/7/2024), bertempat di Gedung Perpustakaan Universitas HKBP Nommensen, Jl. Sutomo No. 4A Kota Medan Sumatera Utara.

Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, M.Si dalam keterangannya, Sabtu (27/7/2024) menyampaikan,  penandatangan kerjasama tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas kedua instansi yang berkerjasama, salah satunya lewat pelaksanaan seminar Ilmiah yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Yayasan Petrasa Sidikalang Kabupaten Dairi dan Fakultas Peternakan Universitas HKBP Nommensen Medan.

“Hasil seminar ini diharapkan berkontribusi dalam pengembangan dunia keilmuan, terkait dengan pembangunan pertanian dan ketahanan pangan secara khusus di  Provinsi Sumatera Utara, dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa yang hadir pada seminar ini, termasuk sebagai masukan kepada kedua belah pihak untuk pengembangan kapasitasnya”, tutur Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, M.Si

Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, M.Si menuturkan, seminar ilmiah tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Dies Natalis 70 Tahun Universitas HKBP Nommensen, pada tanggal 10 Oktober 2024.

Hadir sebagai pembicara pada seminar ilmiah tersebut adalah Dinas Ketahananan Pangan Provinsi Sumatera Utara, Ir. Joni Akim Purba, MP selaku Kepala UPTD BIP Provinsi Sumatera Utara; Bupati Kabupaten Dairi yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Robot Simanullang, MAB, Frans Edisa Purba, SPt Manager PT. Charoen Pokphand Indonesia, Lidia Naibaho, SP Direktur Yayasan Petrasa, Dr. Erika Pardede, M.App.Sc Dosen Fakultas Pertanian dan Ir. Partogi Hutapea, MP, Dosen Fakultas Peternakan Universitas HKBP Nommensen Medan.

Dalam keterangannya, Dr. Dunan Naibaho, MP selaku Ketua Panitia Seminar Ilmiah dan Penandatanganan Kerjasama ini menyampaikan, bahwa kegiatan seminar ilmiah tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen, Dr. Richard AM. Napitupulu, ST, MT, yang sebelumnya diawali dengan Doa yang dipimpin Pdt.Tumpal H. Sirait, STh, dilanjutkan dengan upacara nasional dan mengheningkan cipta yang dipimpin Dekan Fakultas Pertanian Dr. Hotden L. Nainggolan, SP., MSi.

Turut hadir dan memberikan sambutan Prof. Dr. Ir. Bilter A. Sirait, MS, mewakili Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Dekan Fakultas Peternakan Ir. Tunggul Sitorus, MP dan Lidia Naibaho, SP selaku Direktur Yayasan Petrasa.

Peserta kegiatan ini adalah Dosen Fakultas Pertanian UHN, Dosen Fakultas Peternakan Universitas HKBP Nommensen, Peneliti dari BRIN Perwakilan Sumatera Utara, para Praktisi dari Yayasan Petrasa, akademisi dan mahasiswa dari Fakultas Pertanian Peternakan  Universitas Tjut Nyak Dhien Medan, ASN Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kabupaten Dairi dan daerah lainnya, serta mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas HKBP Nommensen Medan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri  Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Ir. Yanto Raya Tampubolon, MP sebagai Moderator, Wakil Dekan II dan III Fakultas Pertanian Ir. Elisabet Sri Pujiastuti, MS dan Shanti D Simbolon, SP, MSi, Ketua Program Studi Agribisnis Albina Ginting, SP, M.Si, Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Dr. Ir. Hotman Manurung, MS, Wakil Dekan I Fakultas Peternakan Ir. Mangonar Lumbantoruan MP sebagai moderator, para dosen dan tendik dilingkungan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas HKBP Nommensen Medan.(REL/MBB)

Ket: Foto: Dekan Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, M.Si, Wakil Rektor IV Universitas HKBP Nommensen Dr. Ir. Erika Pardede, M. App.Sc,  Dekan Fakultas Peternakan, Ir. Tunggul Sitorus, MP foto bersama dengan para narasumber dan peserta Seminar Ilmiah.