# Tags
#Kampus

Pentingnya Pancasila Bagi Kehidupan Mahasiswa

Oleh:
Adinda Eloyfani Ginting, Bella Amanda, Bintang Permata Sari, Rahmiati Sitorus, Rizky Edom Noperion Sitepu, Theodore Bryan Tarigan. Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara

Bangsa Indonesia merupakan salah satu dari berbagai bangsa di dunia yang mempunyai sejarah serta prinsip atau ideologi dalam kehidupan yang berbeda dengan bangsa-bangsa lainnya. Pancasila dipilih sebagai ideologi bangsa Indonesia karena nilai-nilainya berasal dari kepribadian asli bangsa Indonesia sendiri. Pancasila memiliki fungsi dan kedudukan yang penting dalam negara Indonesia, yaitu sebagai jati diri bangsa Indonesia, sebagai ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, sebagai dasar filsafat negara, serta sebagai asas persatuan Bangsa Indonesia.

Kondisi Indonesia saat ini khususnya di kalangan mahasiswa, dapat diidentifikasi dengan melihat perilaku dan kepribadian, sebagaimana tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya penyimpangan-penyimpangan maupun persoalan yang terjadi, baik dilingkungan keluarga, kampus maupun masyarakat berdampak sangat buruk terhadap negara Indonesia.

Biasanya persoalan yang dihadapi berhubungan dengan isu perpecahan dan memudarnya penghayatan nilai-nilai Pancasila. Hal tersebut disebabkan karena mahasiswa saat ini sangatlah miris dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila, masih banyak sekali mahasiswa yang tidak peduli, tidak tahu bahkan tidak mau tahu akan pentingnya Pancasila bagi kehidupan, baik individu maupun kelompok.

Untuk itu sebagai mahasiswa yang ingin bangsa dan negara berdiri dengan kokoh dan kuat, tidak mudah terombang-ambing oleh kerasnya persoalan-persoalan yang ada dalam berbangsa dan bernegara, perlu diketahui bahwa betapa pentingnya nilai-nilai Pancasila bagi kehidupan melalui pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, dengan tujuan agar mahasiswa mengerti bahwa menanamkan nilai-nilai Pancasila sangatlah penting untuk kehidupan.

Jadi diharapkan kepada seluruh mahasiswa agar memperkaya, memperdalam tentang teori-teori baik pengertian maupun makna yang berkaitan tentang pancasila, dan juga diharapkan agar mahasiswa mampu mengaplikasikan, meningkatkan, membudayakan, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila didalam kehidupan sehari-hari baik dalam aspek ekonomi, politik maupun sosial.(RED/MBB)