# Tags
#Kampus

FKKGIK UNPRI Gelar Kuliah Umum “Transformasi Kompetensi Apoteker di Era Industri 5.0 Menuju Kemandirian Farmasi Nasional”

KampusMedan – Medan,  Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan, Universitas Prima Indonesia (FKKGIK UNPRI) mengadakan Kuliah Umum bertajuk “Transformasi Kompetensi Apoteker Di Era Industri 5.0 Menuju Kemandirian Farmasi Nasional”, Sabtu (5/10/2024) di Hall Kampus Utama UNPRI Jln.Sampul no 3 Medan.

Dalam Kuliah Umum tersebut, FKKGIK UNPRI mengundang Prof.Dr.Drs.apt.Yufri Aldi, M.Si dan Prof. Dr.apt.Tiana Milanda,M.Si sebagai narasumber. Prof.Dr.Drs.apt.Yufri Aldi, M.Si sebagai  Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Farmasi Universitas Andalas Padang, dan Prof. Dr.apt.Tiana Milanda,M.Si., merupakan Guru Besar di Universitas Padjadjaran, yang juga pengembangan kurikulum prodi farmasi maupun Apoteker.

Kedua narasumber adalah ahli dalam bidang penelitian farmasi, baik nasional maupun internasional. Kegiatan kuliah umum hari ini dipandu oleh apt.Razoki,S.Si.,M.Kes.,M.Biomed.,M.H selaku moderator, dan dihadiri oleh 1000 mahasiswa Program Studi Sarjana Farmasi Klinis dan Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker.

Prof.Dr.Drs.apt.Yufri Aldi, M.Si  menyampaikan materi terkait Inovasi dan Pengembangan Obat Bahan Alam (OBA) dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh di Era Industri 5.0. Menurutnya, fungsi sitem imun tubuh ada 3 yaitu; pertahanan, homeostatis dan pengawasan.

Sementara itu Prof.Dr.apt.Tiana Milanda,M.Si mengatakan, bahwa untuk menjamin kualitas dan keamanan obat dari hulu sampai ke hilir atau dari industri sampai kepada pasien sesuai dengan regulasi terbaru pada pasal pasal 145 ayat (2) UU No.17 tahun 2023 tentang Kesehatan, maka Transformasi Kompetensi Apoteker adalah merupakan keharusan. Oleh karena itu, seorang apoteker dituntut untuk kompeten agar bisa berkiprah di tengah-tengah masyarakat.

Universitas Prima Indonesia berkomitmen untuk rutin dan konsisten dalam melaksanakan     Kuliah Umum sebagai sarana pemberi informasi dan update ilmu dan informasi kepada institusi,   tenaga medis, masyarakat dan terutama mahasiswa-mahasiswi calon lulusan.

Kegiatan Kuliah Umum hari ini diharapkan mampu meningkatkan minat calon lulusan apoteker untuk menjadi peneliti untuk mempercepat pengembangan Obat Bahan Alam di era industri 5.0.

Dalam penutupannya, baik Prof.Dr.Drs.apt.Yufri Aldi,M.Si dan Prof.Dr.apt.Tiama Milanda,M.Si., menyampaikan kebanggaannya terhadap Universitas Prima Indonesia, dikarenakan UNPRI sudah memiliki Akreditasi Unggul, yang akan membantu pengembangan karir lulusan dan selalu memberikan informasi-informasi update pengetahuan secara rutin.

Sebelumnya Dekan FKKGIK Prof. Dr. dr. H. Gusbakti Rusip, M.Sc., Sp.KKLP (K)., PKK., AIFM., AIFO-K yang diwakili oleh Wakil Dekan I Dr.dr.Linda Chiuman,M.K.M.,M.Biomed, mengatakan Era Industri 5.0 menekankan kolaborasi antara manusia dan teknologi, dimana otomatisasi dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) semakin berperan penting. “Hal ini membuka peluang besar bagi para apoteker untuk bertransformasi, mengembangkan keterampilan, serta menjadi lebih adaptif dan kreatif dalam menghadapi tantangan global”,tegas Dr.dr.Linda Chiuman.

Kuliah Umum tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan I Dr.dr.Linda Chiuman,M.K.M.,M.Biomed., Wakil Dekan II Dr.dr.Maya Sari Meutia,M.K.M.,M.Biomed., Wakil Dekan III Dr.Santy Deasy Siregar,SKM.,M.Kes., Wakil Dekan IV Kol.CKM (Purn.) drg.Susanto,M.Kes dan staf pengajar Prodi Farmasi Klinis seperti apt.Roy Indrianto Bangar,S.Farm.,M.S.Farm, apt.Hariyadi Darmawan Syahputra,S.Farm.,M.Farm, apt.Vera Estefania Kaban,S.Farm.,M.Farm., dan Finna Piska,S.Si.,M.Si.(REL/MBB)