# Tags
#Kampus

Prodi Sarjana Terapan Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional UNPRI Satu-satunya di Sumatera

KampusMedan – Medan, Selama ini masih ada yang belum mengenal dengan baik Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional di Universitas Prima Indonesia (UNPRI). Untuk itu kita cari tahu infonya dengan Kaprodi Sarjana Terapan Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, Devi Alvionita Alindra SS,MSi.

Devi menjelaskan, bahwa Prodi Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional yang ada di Universitas Prima Indonesia (UNPRI) adalah satu-satunya di Sumatera, profil lulusannya selama ini untuk penerjemah, internasional staff konsultan, wirausaha, trainer/tutor, tour guide, periset terkait komunikasi dan kebahasaan jurnalis.

Ditanya soal tujuan Prodi ini, menurut Devi dimaksudkan untuk menciptakan SDM yang siap bekerja pada bidang Bahasa Mandarin Bisnis dan Profesional. Devi mencontohkan karir lulusan prodi ini, seperti PNS di BIN banyak sekali dibutuhkan, perusahaan asing yang ada di Sumut itu ternyata banyak membutuhkannya.

“Sekarang sedang expand di daerah Batubara, di daerah Seimangke, banyak sekali yang membutuhkan SDM yang expert di bidang Mandarin. Kemudian di Morowali Sulawesi, IKN dan Jakarta Pusat ini jelas gajinya besar, minimal dua digit. Di luar negeri, Malaysia, Singapura sebagai translator di hotel-hotel ternama, salah satu mahasiswa kita ada yang magang di luar negeri dan bergaji di Hotel Sheraton KL sebagai penerjemah. Penerjemah di kapal pesiar luar negeri, Admistration Manager, Sekretaris Hotel, HR Manager. Contoh PT China Communication Construction Indonesia, yang merupakan perusahaan BUMN-nya China, kebayang dong salary nya pasti gede tidak usah diragukan lagi, dan pengajar juga banyak sekali dibutuhkan”,jelasnya.

Ditanya tentang hal-hal yang dipelajari atau mata kuliah yang diajarkan, menurut Devi tentunya beragam juga seperti Chinese For Business (Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Pemasaran, Strategi Bisnis, Digital Marketing Bahasa Mandarin, Bahasa Mandarin untuk Administrasi Bisnis). Kemudian Teaching Chinese as a Foreign Language. Chinese For Translator Communication (Penerjemahan Lisan Bahasa Mandarin, bahkan ada satu mata kuliah yang kekinian banget yaitu Bahasa Mandarin untuk content creator.

Bagi yang sudah sempat kuliah di fakultas lain tetapi tertarik juga mengambil Prodi Sarjana Terapan Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, menurut Devi UNPRI memberikan kesempatan kuliah di dua prodi secara bersamaan (double degree), bahkan ada promo khusus bagi mahasiswa UNPRI yang berminat. “Dengan syarat, satu Program Studinya Sarjana Terapan Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, satu lagi Produ Ilmu Hukum misalnya”,tegas Devi.

Soal keunggulan prodi ini, Devi menjelaskan bahwa prodi tersebut satu-satunya prodi yang menghasilkan SDM yang expert pada bidang Bahasa Mandarin, yang berfokus pada komunikasi bisnis dan professional.

Kemudian prodi sarjana terapan melibatkan native speaker langsung dari Tiongkok terkait pembelajaran. Kebanyakan prodi lain hanya mendatangkan native untuk kuliah umum, kalau kita dalam proses perkuliahan juga ada melibatkan native speaker

Selanjutnya dosen-dosennya pun rata-rata tamatan dari luar negeri dalam bidang Bahasa Mandarin. Kemudian di luar perkuliahan pun diadakan Club Mandarin, seperti public speaking, dan ini masuk ke dalam mata kuliah, juga ada Chinese Creative and Art.

“Saya ada cerita sedikit soal mahasiswa saya yang sudah menjadi TNI AL tanpa bayar uang sedikit pun, murni karena ada skill Bahasa Mandarin. Jadi sobat Prima tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu di Prodi Sarjana Terapan untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional”,pungkas Devi.(RED/MBB)