# Tags
#Kampus

UNPRI Gelar Seminar “Monetizing Your Hobbies Creating FYP Landcape Content”

KampusMedan – Medan, Menghadirkan dua pembicara digital, yaitu Barry Kusuma sebagai Master Coach dan Engelin Tannadi sebagai Content Creator, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) menggelar Seminar “Monetizing Your Hobbies Creating FYP Landcape Content”, Jumat (27/9/2024) di Mini Hall Lt. 10 UNPRI Jln. Sampul no 3 Medan.

“Monetizing Your Hobbies: Creating FYP Landscape Content” adalah sebuah seminar yang berfokus pada bagaimana mengubah hobi menjadi peluang penghasilan, dengan memanfaatkan konten video yang bisa viral di media sosial, khususnya di platform seperti TikTok atau Instagram Reels, di mana FYP (For You Page) merupakan halaman rekomendasi untuk konten yang dianggap menarik.

Dalam seminar tersebut, kedua pembicara membahas identifikasi hobi yang bisa dimonetisasi, pembuatan konten berkualitas, strategi FYP, monetisasi konten, pengelolaan waktu dan konsistensi dan inspirasi dari konten kreator:

Adapun tujuan diadakannya seminar tersebut, Pertama untuk mengasah kreativitas peserta dalam mengubah hobi menjadi konten yang menarik dan bernilai jual, terutama dalam format landscape yang populer di berbagai platform media sosial.
Kedua, mengajarkan cara monetisasi hobi. Seminar ini memberikan pemahaman kepada peserta tentang cara mengubah hobi mereka menjadi sumber penghasilan dengan strategi monetisasi yang efektif, seperti bergabung dengan program iklan, berkolaborasi dengan brand, atau menjual produk/jasa melalui konten mereka.
Ketiga, mengenalkan algoritma FYP. Peserta diberikan wawasan mengenai algoritma FYP pada platform media sosial seperti TikTok atau Instagram, agar mereka tahu bagaimana cara membuat konten yang lebih mudah viral dan menarik banyak penonton, menggunakan tagar yang tepat, memanfaatkan tren, dan menghasilkan engagement yang tinggi (like, komentar, dan share).

Keempat, mengembangkan skill pembuatan konten. Pembicara mengajarkan teknik pembuatan konten yang berkualitas, termasuk komposisi, pencahayaan, editing, dan narasi, yang khususnya berfokus pada format landscape untuk menarik audiens secara visual.
Kelima, memberikan peluang karier di bidang digital, dengan membuka wawasan peserta mengenai berbagai peluang karier yang bisa diambil di dunia digital, terutama sebagai konten kreator, social media influencer, atau profesional di industri kreatif.
Keenam, menginspirasi dan memotivasi peserta agar dapat termotivasi untuk memanfaatkan waktu luang mereka dengan produktif, mengembangkan potensi diri dan meraih kesuksesan dari hal-hal yang mereka sukai.
Ketujuh, membangun jejaring dan komunitas, dengan mempertemukan para individu yang memiliki minat serupa, sehingga bisa membangun komunitas kreatif yang saling mendukung, berbagi ide, dan berkolaborasi dalam menciptakan konten.
Kedelapan, untuk memahami Strategi Konsistensi dan Pengembangan Brand Personal, seperti pentingnya konsistensi dalam tema, gaya, dan nilai yang ditampilkan melalui konten. Membangun citra yang kuat dan dikenal di kalangan audiens.
Juga pentingnya menjaga konsistensi dalam frekuensi posting konten, agar tetap relevan dan mendapatkan engagement dari audiens secara berkelanjutan. Penggunaan tools analitik untuk memonitor performa konten, melihat tren engagement, serta menilai konten mana yang paling sukses dan bisa diteruskan.

Dalam sambutannya, Dr. Said Rizal, S.H.I., M.A., selaku Wakil Rektor III UNPRI menjelaskan hobi adalah sesuatu yang kita lakukan dengan sepenuh hati, sesuatu yang memberikan kebahagiaan dan kepuasan pribadi. Namun, di era digital seperti sekarang ini, hobi tidak hanya sekadar menjadi kegiatan yang menyenangkan, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan yang nyata.

“Melalui acara ini, kami berharap setiap peserta dapat belajar bagaimana cara mengembangkan hobi mereka menjadi konten kreatif yang menarik, relevan, dan berpotensi viral di platform media sosial, seperti TikTok dan Instagram, khususnya di halaman For You Page (FYP)”, ujarnya.
Ia menambahkan, kegiatan ini tidak hanya untuk memberikan wawasan mengenai teknis pembuatan konten landscape yang berkualitas, tetapi juga memberikan pemahaman tentang bagaimana platform-platform tersebut bekerja, dan bagaimana kita bisa memanfaatkannya untuk memperluas audiens serta mendukung monetisasi konten.
“Saya sangat mengapresiasi antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Ini menunjukkan bahwa kita semua memiliki semangat untuk terus belajar, berinovasi, dan berkembang dalam era digital yang penuh peluang ini”, ujarnya.

Nabila Febryanti, salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mengikuti seminar tersebut, mengatakan bahwa seminar tersebut sangat bermanfaat.”Saya sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini. Kegiatan Monetizing Your Hobbies: Creating FYP Landscape Content” ini, benar-benar membuka wawasan saya tentang bagaimana hobi yang selama ini hanya saya lakukan untuk mengisi waktu luang, ternyata bisa menjadi sumber penghasilan jika dikelola dengan baik”, tegasnya.
Menurutnya, materi yang disampaikan sangat relevan dengan kondisi saat ini, terutama mengenai strategi untuk masuk ke halaman FYP di media sosial. “Saya juga mendapatkan banyak ilmu tentang teknik pembuatan konten landscape yang menarik, dan tips praktis dalam mengembangkan konten kreatif. Pembicara memberikan banyak insight berharga yang membuat saya lebih percaya diri untuk mulai menciptakan konten yang lebih profesional dan strategis”,ujarnya.
Ia berharap kegiatan seperti ini bisa terus diadakan, terutama dengan topik yang mendukung pengembangan kreativitas dan skill di bidang digital. “Mungkin untuk ke depannya, acara ini bisa ditambah dengan sesi praktik langsung atau workshop, sehingga peserta bisa langsung menerapkan ilmu yang didapatkan. Terima kasih kepada para pembicara dan panitia yang telah menghadirkan acara yang sangat bermanfaat ini. Semoga saya bisa segera menerapkan ilmu yang didapat dan bisa sukses memonetisasi hobi saya”, pungkasnya.

Seminar yang diikuti sekitar 265 orang tersebut, yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan instansi lainnya tersebut, juga dihadiri Cahyo Adhyanto selaku Head of Promotion Multibrand Erajaya Digital, dan Riswan Purba selaku Regional Marketing Operation Manager Region 2 Erajaya Digital