# Tags
#Kampus

Buka PKKMB, Rektor Tegaskan  UHN Menuju Kampus Peduli, Bebas Narkoba dan Berbudaya

KampusMedan – Medan, Universitas HKBP Nommensen Medan sukses menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2024/2025, yang berlangsung Jumat (20/9/2024) di Auditorium Universitas HKBP Nommensen Medan.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Richard AM Napitupulu, ST.,MT, mengatakan bahwa PKKMB 2024 dilaksanakan dengan tema ”UHN Menjadi Kampus Peduli, Berdisiplin, Bebas Narkoba, Anti Kekerasan Seksual, Berbudaya dan Cinta Tanah Air” tersebut, diikuti lebih dari 1.534 mahasiswa baru dari berbagai fakultas dan program studi pada program Diploma dan Sarjana, yang resmi menjadi bagian dari Keluarga Besar Universitas HKBP Nommensen.

“Tema PKKMB 2024 tersebut mencerminkan komitmen Universitas HKBP Nommensen dalam membentuk mahasiswa yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi kampus juga berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari penyalahgunaan narkoba dan kekerasan seksual, juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan sosial, etika, serta kesehatan mental dan fisik”,ujarnya.

Dr. Richard A.M Napitupulu, ST., MT menyampaikan pesan penting dalam sambutannya saat membuka kegiatan PKKMB. Ia menekankan peran mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu menghadapi tantangan di masa depan.

“Melalui tema ini, UHN Medan menegaskan pentingnya sikap disiplin, kesadaran akan bahaya narkoba dan penolakan terhadap kekerasan seksual di lingkungan kampus. Saya Rektor sangat tegas terhadap kekerasan yang dilakukan di dalam maupun di luar kampus. Begitu juga dengan penyalahgunaan narkoba. Kami tidak proses secara akademik, tetapi langsung kami serahkan kepada aparat hukum. Begitu juga dengan kekerasan. Kami akan proses tegas secara hukum”,tambahnya.

Rektor juga menekankan bahwa Kampus UHN Medan  adalah kampus yang bermartabat, didirikan dengan nilai-nilai Kristiani. “Kampus ini tidak hanya menanamkan nilai-nilai tersebut secara lisan, tetapi juga melalui tindakan nyata. Ini berarti bahwa seluruh sivitas akademika, mulai dari dosen, staf, hingga mahasiswa, diharapkan menjalankan nilai-nilai Kristiani seperti kasih, integritas, keadilan, dan tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Kegiatan PKKMB berlangsung sejak pukul 07.00 Wib hingga 12.00 dilakukan di tingkat universitas, selanjutnya mahasiswa baru diserahkan kepada fakultas untuk PKKMB di tingkat fakultas mulai pukul 12.00 hingga 16.00 Wib.

Kegiatan PKKMB ini mencakup berbagai sesi pengenalan lingkungan kampus, diantaranya sistem akademik yang dijelaskan oleh Wakil Rektor I Dr. Jadongan Sijabat, SE., M.Si. Dilanjutkan dengan sesi pengenalan sistem pembayaran uang kuliah dan keuangan oleh Wakil Rektor II Dr. Ferry Panjaitan, SE., M.Si, serta informasi penting terkait tata tertib dan nilai-nilai yang dipegang oleh universitas yang disampaikan oleh Wakil Rektor III Drs. Maringan Panjaitan, M.Si.

Selanjutnya disampaikan pengenalan bagian kerjasama dalam dan luar negeri serta pertukaran mahasiswa ke luar negeri oleh Wakil Rektor IV Drs. Ir. Erika Pardede, M.App.Sc. Mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yang beragam untuk mengakomodasi minat mereka di bidang seni, olahraga serta pengabdian masyarakat.

Selain mengusung tema yang kuat, PKKMB tahun ini di Universitas HKBP Nommensen juga menghadirkan narasumber untuk memberikan wawasan yang mendalam dan motivasi kepada mahasiswa baru, yaitu Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dr. Teddy J.S Marbun, SH., M.Hum. dengan materi “Membangun karakter kampus yang disiplin, bebas narkoba dan tindak kekerasan serta membangun kualitas generasi muda bangsa yang cinta tanah air”.

Berkolaborasi dengan pihak kampus, Polrestabes dalam membantu membangun karakter kampus yang disiplin, bebas narkoba, bebas tindak kekerasan, seperti penyuluhan dan edukasi tentang bahaya narkoba dan kekerasan, pengawasan dan penegakkan hukum terhadap pelanggaran, pembetukan satgas anti narkoba dan kekerasan, program pembinaan karakter dan kepemimpinan.(REL/MBB)