# Tags
#Kampus

Tim Dosen Polmed Lakukan PKM di Desa Ujung Serdang Kecamatan Tanjung Morawa Deli Serdang

KampusMedan – Tanjung Morawa, Tim Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) mengadakan program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM), berupa penyerahan dan penerapan teknologi mesin pengayak arang untuk menggantikan pekerjaan mengayak arang secara manual, tanggal 31 Agustus 2024.

Penyerahan mesin pengayak tersebut dimaksudkan guna meningkatan efisiensi waktu dan tenaga dalam pemisahan serbuk dengan arangya untuk dijadikan produk yang berbahan baku arang tempurung kelapa.  Adapun mitra PKM adalah Usaha Arang Batok Mandiri di Desa Ujung Serdang Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

Ketua Tim PKM, Ir.Sumartono mengatakan, Usaha Arang Tempurung yang dimiliki Tarsisius Ricard Sembiring yang beralamatkan di Desa Ujung Serdang Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara tersebut,   merupakan usaha yang memproduksi arang tempurung kelapa, dimana pemisahan serbuk arang dengan lempengan arang selama ini `menggunakan ayakan manual yang di operasikan oleh 2 orang tenaga kerja.

Tarsisius Ricard Sembiring selaku mitra mencoba mesin pengayak yang disumbagkan Tim PKM Polmed

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan studi pendahuluan pada bulan Mei 2024, yang meliputi kunjungan ke lokasi usaha melakukan aktivitasnya. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa Richard Tarsisius Sembiring yang mempunyai usaha pengolahan tempurung kelapa menjadi arang.

Permasalahan yang utama adalah proses pemisahan serbuk halus serta kotoran yang masih meyatu dengan arang masih menggunakan ayakan manual yang kurang efisien dari segi waktu dan tenaga manusia.  Melalui Program PKM yang dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2024 ini telah berhasil mencapai target utama yang direncanakan, yaitu pemisahan serbuk dan debu dengan arangnya menggunakan teknologi mesin pengayak.

Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM), tim dosen Polmed yang terdiri dari Ir. Sumartono, M.T.,Rahmad Widia Sembiring, M.Sc, I.T., PhD., Zulhendri, S.E., M.Si, M. Syahruddin, S.T., M.T. dan lainnya, berusaha membantu masyarakat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk arang tempurung kelapa.

Dalam kesempatan itu, tim dosen PKM memberikan pelatihan penggunaan dan perawatan mesin bagi pekerja mitra, agar mampu menngoperasikan mesin dan merawat mesin sehingga dapat berfungsi maksimal.  Selain itu diberikan juga penyuluhan dan bimbingan tentang keselamatan dan kesehatan kerja dan materi kewirausahaan, untuk memotivasi para pelaku UMKM agar lebih giat dan lebih mahir dalam mengelola dan menjalankan bisnis UMKM-nya.