# Tags
#Kampus

Dosen Polmed Bantu Peternak Kambing Menghatasi Kesediaan Pakan di Dusun I Desa Amplas Deli Serdang

KampusMedan – Medan, Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) mengadakan kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM)  kepada peternak kambing di Dusun I Desa Amplas Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, 31 Agustus 2024.

Pengabdian ini ditujukan untuk membantu peternak dalam hal mengatasi permasalahan peternak, berupa efisiensi konsumsi pakan dan terbatasnya jumlah rumput yang bisa didapat di musim kemarau.

Pada kegiatan ini diperkenalkan mesin pencacah rumput yang dapat juga mencacah berbagai jenis hijauan lainnya, sehingga memudahkan ternak kambing dalam mengkonsumsinya.

Pengabdian yang digagas oleh tim dosen Polmed yang diketuai Soni Hestukoro, ST MT  ini, diawali dari survey yang dilakukan tiga bulan sebelumnya. Tim pengabdian menemukan banyaknya sisa pakan yang terbuang di sekitar kandang kambing.

Tim pengabdian selanjutnya merancang mesin pencacah yang dapat mencacah berbagai hijauan, termasuk pelepah sawit dan batang jagung. “Kami berharap peralatan yang disumbangkan nantinya bias mendorong produktivitas peternak, bukan hanya untuk konsumsi pribadi, tetapi hasil cacahan bisa berpotensi untuk dipasarkan kepada peternak lain”, ujar  Soni Hestukoro.

Tim yang terdiri dari dosen Politeknik Negeri Medan beranggotakan Soni Hestukoro, ST,MT., Penteris R. P. Naibaho, B.Eng,M.T., Dra. Esto Tumanggor, M.Hum dan Anggiat P. Simbolon, S.E., M.Si, menyerahkan mesin yang telah dibuat kepada mitra peternak kambing yang dalam hal ini diterima  Igo Ramadhani.(REL/MBB)