# Tags
#Kampus

Dosen Polmed Bantu Peternak Sapi di Dusun I Desa Telaga Sari, Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang  

KampusMedan – Medan, Tim Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) pada hari Senin tanggal 1 September 2024, lalu mela­kukan ke­giatan  Pengabdian Kemitraan Masyarakat  (PKM) di Dusun I Desa Telaga Sari, Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Kegiatan pengabdian masyarakat  kali ini ditujukan untuk membantu mengatasi permasalahan peternak sapi di Dusun I Desa Telaga Sari, terkait ketersediaan pakan sapi. Suryana, mitra pengabdian masyarakat pada kegiatan ini adalah salah satu dari peternak sapi di Dusun I.

Berdasarkan keterangan pak Suryana, pakan ternak berupa rumput-rumputan agak cukup terbatas jumlahnya di Dusun I Desa Telaga Sari, sehingga pengadaan pakan dilakukan dengan pengumpulan rumput dari berbagai lokasi, baik dari sekitar areal peternakan maupun dari luar desa yang cukup menguras energi dan waktu.

Kedatangan tim pelaksana pengabdian beranggotakan 4 orang dosen Polmed, yang  terdiri dari Melvin Bismark Hamonangan Sitorus, S.T., M.T., Dr. Melvin Emil Simanjuntak, S.T., M.T.,  Udur 1 Januari Hutabarat, S.T., M.T.,  dan Dr. Benrad E Simanjuntak, S.T., M.T, dalam rangka memberikan peralatan berupa mesin pencacah serbaguna untuk membantu mengatasi permasalahan peternak sapi di Dusun I Desa Telaga Sari.

Dengan adanya mesin pencacah tersebut diperoleh peningkatan dalam hal efisiensi penggunaan pakan oleh peternak sapi, sehingga pakan yang terbuang dapat diminimalkan. “Mesin sengaja kami buat berpenggerak motor bensin agar praktis dipindahkan, dan tidak mengganggu pasokan listrik di Dusun I Desa Telaga Sari yang kebanyakan masih berkapasitas 450 kVA”, ujar  Melvin Bismark Hamonangan Sitorus, S.T., M.T., ketua tim pelaksana pengabdian ini.

Pelaksanaan kegiatan PPTTG dilakukan di kediaman mitra di Dusun I Desa Telaga Sari Kecamatan Kecamatan Sunggal Deli Serdang Sumatera Utara. Mitra pengabdian ini, Suryana menyam­paikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan ini, dan sangat berterima kasih atas kepedulian dosen Polmed untuk membantu memberdayakan peternak sapi di Dusun I Desa Telaga Sari. Harapannya dengan adanya mesin pencacah ini, tidak ada lagi ditemukan sisa pakan yang terbuang.

Di akhir kegiatan dilaksanakan serah terima seluruh peralatan kepada pihak mitra. Tim pelaksana pengabdian berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mitra pengabdian dalam rangka meningkatkan penghasilannya.(REL/MBB)